Home » » Tanggung Jawab Kita

Tanggung Jawab Kita

Tanggung jawab kita - Ditiap-tiap kita, bukan hanya hak istimewa yang bisa kita terima, tapi juga ada tanggung jawab. Tidak peduli berapa tinggi atau rendahnya jabatan kita, tiap-tiap kita memiliki tanggung jawab dihadapan Tuhan. Kadang tampak sederhana bahkan seringkali kita menganggap remeh makna tanggung jawab tersebut. Ketika kita gagal untuk melakukan dan menghidupi tanggung jawab kita masing-masing, akibatnya orang lain disekitar kita akan mengalami dampak negatifnya. Pilatus memiliki posisi yang disertai tanggung jawab, namun dia memilih untuk bermain aman, cuci tangan dan akibatnya, Yesus digiring untuk disalibkan. Bagaimana dengan kita, adakah kita juga sedang mengabaikan tanggung jawab kita?

tanggung jawab kita

Sifat mengabaikan bahkan meninggalkan tanggung jawab itu berarti ''menyerahkan Yesus untuk diperlakukan semau-maunya'' ketika seorang ayah didalam rumah tangga .tidak lagi berfungsi sebagai imam, maka dia sedang menyerahkan Yesus kepada anak-anaknya untuk diperlakukan semau-maunya. Ketika orang tua tidak lagi bersedia untuk bekerja keras membiayai anak-anaknya, bagaimana mungkin anak-anaknya bisa belajar dan mengenal ''kasih Bapa Surgawi''? Sebab tidak ada panutan dari bapa dunia, sifat tidak bertanggung jawab seperti itu, akan berdampak sangat negatif bagi anak-anak, dan bukankah itu sama seperti Pilatus yang ''menyerahkan Yesus untuk diperlakukan semau-maunya''

 
Tanggung jawab akan menuntut kita untuk bertindak dan melakukan sesuatu, bukan sekedar berdiam diri. Sadarkah saudara bahwa untuk kota dan lingkungan kita, sebenarnya kitapun memiliki andil tanggung jawab atasnya, bukan sekedar berpangku tangan saja. Yeremia dengan tegas menyatakan ''Usahakanlah kesehjahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesehjahteraannya adalah kesehjahteraanmu.'' (Yeremia 29:7). Anak-anak Tuhan tidak pernah didorong untuk mengutuki kota dimana kita berada, atau mengolok-olok pemerintahan kita. Firman Tuhan dengan tegas menyatakan ''usahakan kesehjahteraan kota-mu dan berdoa untuk-nya''. itulah tanggung jawab setiap anak anak Tuhan bagi kotanya.

Untuk setiap kebaikan Tuhan, ada tanggung jawab yang Tuhan juga tempatkan bersamaan dengan kebaikan-Nya jika kita diberikan karunia atau talenta khusus, sadarilah bahwa ada tanggung jawab yang harus kita kerjakan dengan talenta dan karunia Tuhan tersebut. Jangan digunakan untuk kenyamanan atau kemuliaan diri sendiri, lakukan dengan benar, bagikan dengan cuma-cuma karunia dan talenta yang Tuhan berikan juga dengan cuma-cuma bagi kita. jika kita diberkati dan kaya-raya, mungkinkah ada maksud Tuhan untuk orang miskin disekitar kita? Supaya mereka pun bisa mengenal kebaikan Tuhan, atau sebalik-nya, nikmati saja sendiri, sebab dengan berbuat demikian, engkau sedang membiarkan Yesus diperlakukan semau-maunya.


Have a blessed day.GBU

0 comments:

Post a Comment

Translate


Popular Posts

Powered by Blogger.