Home » , , , » Siapakah Tuhanmu, Kristus atau Uang?

Siapakah Tuhanmu, Kristus atau Uang?

siapakah tuhanmu, kristus atau uang?
Siapakah Tuhanmu, Kristus atau Uang? - Sadarkah kita bahwa Alkitab lebih banyak berbicara soal ''uang'' daripada semua hal-hal lain yang ada. itu bukan berarti bahwa semua hal lain itu tidak penting, tapi hal tersebut mengingatkan kita akan betapa dalam dan jahatnya satu perkara ini bisa menghancurkan karakter anak-anak Tuhan, tidak terkecuali siapapun, tidak ada seorang pun yang imun terhadap racunnya. tentu tidak selalu berarti bahwa uang itu selalu berarti dosa, tapi jika kita tidak hati-hati mengelolanya dan bahkan hati kita begitu condong kearahnya, maka racunnya akan menghancurkan karakter kita seluruhnya.

Tidak sedikit kita mendengar saudara kandung saling bertengkar bahkan saling menggugat dan membunuh hanya karena uang. Bahkan salah satu peristiwa dalam pelayanan Yesus sendiri, Dia diperhadapkan pada  masalah pertikaian yang berkaitan dengan hal ini (Lukas 12:13). salah satu hal penting yang dicatat Alkitab mengenai kekotoran bait suci  adalah karena uang sehingga Yesus harus menjungkir balikan  meja-meja penukar uang dan meja perdagangan didalam bait suci. Uang jugalah yang menjadi penyebab seseorang dan memperbudaknya. Ketika manusia sudah diperbudak oleh uang, maka uanglah yang akan kita layani, bukan sebaliknya. Baca juga: Melatih tubuh kita

Apa bukti bahwa seseorang telah menjadi hamba uang atau telah diperbudak olehnya, dibandingkan dengan yang memperbudak uang atau berkuasa atasnya? Seorang tuan adalah yang dilayani, yang diagungkan oleh hamba-hambanya. Ketika seorang manusia dengan tidak mengenal batasan telah begitu melayani uang, dia akan habis-habisan mengejarnya, menerobos segala rintangan, dan bahakan tidak sedikit yang rela mengorbankan segala norma dan etika demi untuk mencapainya. Coba selidiki diri kita sendiri, adakah kitapun sedang rela mengorbankan integritas kita dan menipu demi untuk mendapatkan atau meraih uang tersebut? Bukankah hal tersebut berarti uanglah yang telah menjadi tuan atas orang seperti itu? Sebab apa yang kita sembah atau kita agungkan dan kejar adalah Tuhan atas kita.

Ketika Tuhan menciptakan manusia dan segala jenis binatang baik yang dibumi, diatas bumi, dibawah bumi(air), maupun yang melata dibumi, Tuhan memberi perintah kepada manusia untuk berkuasa atas semua ciptaan tersebut. Kenyataan yang sering terjadi diantara anak-anak Tuhan sekalipun adalah kita justru dikuasai oleh ciptaan Tuhan yang lainnya. segala sesuatu mulai dikorbankan, keluarga, bahkan karakter mulai dikompromikan demi untuk melayani semua ciptaan-ciptaan tersebut yang di bumi(segala jenis usaha), dibawah bumi (segala jenis pelayanan, service bisnis,dll) bahkan yang melata di bumi(segala dosa dan kenajisan). Coba kita ambil waktu sebentar untuk melihat diri kita sendiri, adakah saya di perhamba oleh semua itu atau saya menjadi tuan atas semua itu?


Siapakah tuhanmu, Kristus atau uang
Ketika Abraham diperhadapkan kepada berkat dan kelimpahan, dia memilih untuk tidak dikuasai oleh kerakusan dan hawa nafsu. Abraham memilih bahkan untuk membiarkan Lot, keponakannya untuk terlebih dahulu memilih kearah mana dia akan pergi membawa domba-dombanya. Lot melihat tanah Sodom penuh dengan rumput hijau dan banyak airnya. Satu pilihan yang sangat rasional bagi seorang peternak. Namun sesungguhnya. pilihan Lot itu di dorong oleh emosi dan hawa nafsunya sendiri, sehingga dia mengabaikan etika dan kebenaran. Bukankah sepantasnya Abraham lah sebagai yang lebih tua dan yang telah mengajaknnya untuk sampai ke posisi tersebut untuk memilih terlebih dahulu? Inilah bukti nyata dari diperbudak oleh uang, segalanya dikorbankan demi uang. Jadi siapakah Tuhanmu, Kristus atau uang? Have a blessed day. GBU

2 comments:


Popular Posts

Powered by Blogger.